DEKOR CANTIK BAITI JANNATI DENGAN BIAYA MINIM

DEKOR CANTIK BAITI JANNATI

DENGAN BIAYA MINIM

By. Fina Otay Hanim

En güzel evler-2

Assalamualaikum Wr Wb

Rumah dalam bahasa arab selain disebut dengan “Bait”, di sebut pula dengan kata “sakan” yang artinya ketenangan, karena ia merupakan tempat dimana istri dan anak-anaknya berada.

Banyak hadits yang membicarakan ini.

Dikatakan oleh Rosululloh SAW, “Yang dapat memberikan faedah bagi seorang mukmin setelah ketaqwaan kepada Alloh SWT adalah istri yang sholihah.” Dimana Allah memerintahkan para istri tinggal di rumah.

“Tetaplah kalian tinggal di rumah kalian.” (Al-Ahzab: 33)

Dengan demikian rumah adalah tempat terbaik untuk orang2 yang kita cintai yaitu istri dan yg sholeh juga anak-anak..

Karena didalamnya terdapat harta yang dinafkahkan keperluan rumah tangga, yang dıgolongkan kedalam bentuk jihad fi sabilillah.

Sebelum membahas bagaimana mendekor sebaiknya kita bahas dulu fungsi Rumah itu sendiri.

1. Al musholla – Sebagai rumah ibadah untuk meraih ridho ALLAH (Sholat sunnah).

“Jadikanlah bagian dari shalat kalian di rumah-rumah kalian, dan jangan kalian jadikan rumah

kalian seperti kuburan.” (HR. Al-Bukhari no. 432 dan Muslim no. 1817)

“Jangan kalian jadikan rumah kalian bagai kuburan, sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan Surat Al-Baqarah”. (HR. Bukhari)

2. Al Madrasah – Sebagai Madrasah, ayah dan ibu adalah gurunya, sedangkan anak-anak menjadi muridnya.

“Tidaklah sekali-kali sebuah kaum duduk dengan berdzikir kepada Allah kecuali mereka akan dikelilingi malaikat dan akan disirami rahmat dan akan turun kepada mereka ketenangan. Allah akan menyebutkan tentang mereka pada malaikat yang ada di sisi-Nya” (HR. Muslim)

3. Al Junnah – Sebagai benteng penjagaan iman keluarga dan benteng dari penyakit sosial.

“Sesungguhnya rumah itu akan terasa luas bagi penghuninya, akan datangi malaikat, dijauhi syetan dan akan membanjir pula kebaikan ke dalamnya, jika dibacakan Al-Quran di dalamnya. Sebaliknya, rumah itu akan terasa sempit bagi penghuninya, akan dijauhi malaikat dan akan didatangi syetan serta tidak akan banyak kebaikan di dalamnya, jika tidak dibacakan Al-Quran” (HR. Ad-Darimi).

4. Al Maskanah – Sebagai pelipur lara dan pelepas rindu / duka untuk ketenangan.

salam artınya keselamata keetenangan dan kedamaıan..

“Apabila kalian masuk ke rumah-rumah maka ucapkanlah salam (kepada penghuninya yang berarti memberi salam) kepada diri-diri kalian sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberkahi lagi baik.” (An-Nur: 61)

5. Al Maulud – Sebagai tempat memperbanyak keturunan umat nabi Muhammad SAW.

6. Al Markaz – Sebagai tempat untuk mempersiapkn generasi dakwah yg tangguh.

7. Al Mahyaus – Sebagai tempat untuk menghidupkan sunnah-sunnah Rasulullah SAW, seperti cara makan-minum, masuk wc, adab hubungan suami istri dan sebagainya.

Apabila seseorang masuk ke rumahnya lalu ia berzikir kepada Allah saat masuknya dan ketika hendak menyantap makanannya, berkatalah setan, “Tidak ada tempat bermalam bagi kalian dan tidak ada makan malam.” Bila ia masuk rumah dalam keadaan tidak berzikir kepada Allah ketika masuknya, berkatalah setan, “Kalian mendapatkan tempat bermalam.” Bila ia tidak berzikir kepada Allah ketika makannya, berkatalah setan, “Kalian mendapatkan tempat bermalam sekaligus makan malam.” (HR. Muslim no. 5230)

8. Al Marham – Sebagai forum saling shilaturrahm dengan tetangga dan sahabat mu’min.

Tentang orang yang rajin menjalin silaturahmi, disebutkan dari Abu Hurairah bahwa seorang lelaki pergi untuk mengunjungi saudaranya di sebuah desa yang lain. Maka segera diperintahkan kepada malaikat untuk menemani orang itu. Tatkala malaikat bertemu dengan orang tadi maka dia bertanya : Kemana engkau akan pergi? Lelaki itu menjawab : Aku akan pergi mengunjungi saudara saya di desa itu! Malaikat itu bertanya :

Apakah kau memiliki suatu nikmat yang akan kau berikan padanya? Orang itu berkata : Tidak, saya mengunjunginya semata karena saya mencintainya karena Allah! Malaikat itu berkata : “Sesungguhnya aku utusan Allah kepadamu. Allah telah mencintaimu sebagaimana kau mencintai orang itu” (HR. Muslim)

Yang harus di hidari dlm menghias rumah ;

1. Yang ada patung

Rasulullah bersabda: “ Malaikat tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing dan juga tidak memasuki rumah yang didalamnya terdapat gambar (patung)” [HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasa’i dan Ibnu Majah]

2. Yang di dalamnya ada anjing.

Ummul Mukminin Aisyah radhiyallahu ‘anha mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengadakan perjanjian dengan Jibril bahwa Jibril akan datang. Ketika waktu pertemuan itu tiba, ternyata Jibril tidak datang. Sambil melepaskan tongkat yang dipegangnya, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Allah tidak mungkin mengingkari janjinya, tetapi mengapa Jibril belum datang ?” Ketika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menoleh, ternyata beliau melihat seekor anak anjing di bawah tempat tidur. “Kapan anjing ini masuk ?” tanya beliau. Aku (Aisyah) menyahut : “Entahlah”. Setelah anjing itu dikeluarkan, masuklah malaikat Jibril. “Mengapa engkau terlambat ? tanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Jibril. Jibril menjawab: “Karena tadi di rumahmu ada anjing. Ketahuilah, kami tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing dan gambar (patung)” [HR. Muslim].

3. Rumah yang bau

Rasulullah Saw bersabda, “Barangsiapa yang memakan bawang putih, bawang merah, dan makanan tidak sedap lainnya, maka jangan sekali-kali ia mendekati (memasuki) masjid kami, oleh karena sesungguhnya para malaikat terganggu dari apa-apa yang mengganggu manusia.” (HR. Bukhari dan Muslim).

4. Rumah yang digunakan untuk mencelakan orang lain atau mengancam saudaranya (muslim) dengan senjata.

Rasulullah Saw bersabda, “Barangsiapa mengarahkan (mengancam) saudaranya (muslim) dengan benda besi (pisau misalnya), maka orang itu dilaknat oleh malaikat, sekalipun orang itu adalah saudara kandungnya sendiri.” (HR Muslim).

Rumahku istanaku dan Inshallah menjadi surga bagi keluarga.. Rumah sebagai tempat tinggal sebuah keluarga dan berkumpulnya kelarga setiap hari oleh karna itu kita harus membuat rumah sebagai istana bagi keluarga, suami dan anak2. Rumah harus dibuat senyaman dan semenarik mungkin agar anak dan suami betah dan senang tinggal dirumah, tetapi bagaimana caranya mendekorasi interior rumah dan memilih warna yang baik sesuai dengan kebutuhan dan manfaatnya serta selera namun dengan biaya minim dan tidak membengkak..

Berikut ini cara praktis yang bisa digunakan oleh mba2 dan teman2 sekalian yang hadir disini maupun yang inshallah bias dishare pada teman2 lainnya yang mungkin berhalangan hadir. :

1. Diskusikan dengan suami berapa budget yang dimiliki untuk mendekor rumah beserta accessoriesnya.

2. Membuat list utk setiap ruangan yang akan didekor dan memilih warna yang tepat sesuai dengan manfaatnya dan selera dari masing2 keluarga dan berapa warna yang akan digunakan

3. Memlilih interior dan accessories yang diperlukan untk mempercantik setiap ruangan yang akan didekor

Dengan budget yang sudah dibuat dan list warna yang dipilih serta interior yang diperlukan utk mepercantik ruangan dan membuat nyaman rumah maka biaya yang dikeluarkan tidak akan melebihi budged atau tidak membengkak karna sesuai dengan manfat dan kebutuhan yang diperlukan.

PEMILIHAN WARNA UTK SETIAP RUANGAN BESERTA INTERIORNYA SESUAI DENGAN MANFAATNYA DAN SELERA.

Beberapa warna yang bisa disarankan untuk digunakan dalam sebuah rumah utk memperindah rumah dan membuat nyaman suami dan anak di rumah dari setiap ruangan yaitu :

1. Warna putih hanya disarankan untuk digunakan pada langit2 rumah karna bahan kimia yang digunakan utk langit2 rumah berbeda dengan ruangan dan sebaiknya warna putih tidak digunakan untuk warna ruangan karna warna putih adalah warna yang bisa membuat mata kita mudah lelah. Warna Hitam juga tidak disarankan utk digunakan dalam mewarnai ruangan karna tidak bagus utk mata.

2. Warna krem adalah warna natural yang bisa digunakan untuk setiap ruangan namun biasanya digunakan untuk ruang tamu.

3. Warna Merah dan Biru tua adalah warna romantis yang bisa digunakan di ruang tidur.

4. Warna pink dan warna biru muda adalah warna yang biasanya disarankan untuk kamar tidur anak karna warnanya yang lembut baik utk bayi dan anak

5. Warna Hijau adalah warna yang sangat disarankan karna bisa memberikan rasa nyaman dan rileks. Bisa digunakan diruangan manapun.

6. Kamar mandi ataupun dapur bisa digunakan warna peach dan warna2 yang telah disebutkan diatas sebagai contoh biru muda, krem,

Warna2 lain yang bisa digunakan untuk ruangan seandainya punya selera warna lain yaitu ungu dan abu2 seperti contoh berikut dan warna2 yang sudah disebutkan diatas tadi :

Semoga sharing dari saya bisa bermanfaat untuk semuanya

Wassalamualaikum Wr Wb

Fina Otay

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s