BEHIND OF D SCENE!!! TURKISH BURSLARI ONLINE APLICATION

TIPS AND TRICKS TO KICK

TURKIYE BURSLARI SCHOLARSHIP

Oleh: Lale Fatma Yulia Ningsih, Master Student Istanbul University

BentengPertama-tama saya ucapkan selamat berjuang bagi rekans, temans, adiks, kakaks, yang sedang bergelut dengan aplikasi online yang terkadang bikin stress. Seperti pengalaman tahun lalu bahwa kadang-kadang aplikasi sudah kita simpan ternyata oleh sistem belum tersimpan karena terlalu banyak orang yang mengakses. Semangat Pantang Menyerah untuk kawan-kawan semua.

Saya ingin sedikit berbagi pengalaman dalam pengisian form beasiswa ini berdasarkan pengalaman tahun lalu. Semenjak tadi pagi—4 maret—saya sudah ikut juga pendaftaran online (jiah, nggak ada kerjaan banget), penasaran ingin melihat aplikasi online yang sekarang. Ternyata tidak terlalu banyak perbedaan.

Saya sarankan agar rekans yang mengikuti aplikasi online ini yang mungkin seringkali datanya hilang untuk tetap bersabar, karena dibandingkan proses aplikasi beasiswa lainnya, beasiswa Turki inilah yang sangat simple menurut saya. Beasiswa Turki ini saya kerjakan selama kurang lebih dua hari, aplikasinya pun saya bisa kirim beberapa jam sebelum penutupan. Jadi tetap semangat ya kawan-kawan.

Meskipun aplikasi tergolong sangat gampang, saya harap rekans agak berhati-hati untuk mengisi beberapa poin penting dibawah ini:

  1. A.    WORK EXPERIENCE AND INTERNSHIP

Menurut saya akan baik sekali kalau rekans menyertakan pengalaman kerja dan internship. Sekecil apapun pekerjaan yang pernah rekans geluti sebaiknya dimasukkan saja untuk menambah bergaining position di hadapan team reviewer. Ini contoh yang saya isi tahun lalu.

 1. Work Experience

  • B.     AREA OF INTEREST, HOBBIES AND VOLUNTARY WORK

Pertanyaan ini sekilas pandang sangatlah gampang untuk dijawab, cukup dijawab dengan “my hobby is sight seeing, I love to dance and I work at one of company as volunteer workers and bla bla bla”

Rekans, janganlah terjebak dengan pertanyaan sederhana ini. Pertanyaan ini sangat sederhana tetapi karena pertanyaan ini sering membuat orang tergelincir di wawancara kerja ataupun wawancara beasiswa. Sebenarnya apa yang di inginkan penanya adalah bagaimana rekans semua menggambarkan diri rekans semua, sehingga dengan itu mereka tau kualitas si applicant. Misalnya saja pada pertanyaan tentang hobby, sebaiknya dijawab dengan bijak bahwa hobby yang anda geluti selama ini tidak hanya memberikan manfaat bagi diri rekans tapi juga bermanfaat bagi orang lain. Contoh selengkapnya seperti yang saya isi tahun lalu:

 2. ARea of Interest

Kalau ada grammer yang salah tolong di anggap angin lalu saja J (maklum, saya ngisi form hanya dalam dua hari, mana sempet mikir grammer #ngeles😛 )

C.    LETTER OF INTENT

Tahun lalu untuk letter of intent pertanyaannya adalah “Please state the reasons why you want to study in Türkiye (maximum of 2,000 characters). Letter of intent may include, – your spesific reasons to study in Türkiye, – a spesification on why you want to study the departments or fields you have chosen, – Your carrier goals after graduation”.

3. Letter

Berbeda dengan tahun lalu, untuk tahun ini tim reviewer membuatnya menjadi tiga bentuk pertanyaan terpisah (untuk warna form dan sebagainya saya lebih menyukai form yang tahun lalu, yang sekarang colourless banget :P)

LETTER OF INTENT 2013

 4. Letter 2013

Anyway, menurut saya tahun ini tim reviewer sepertinya memberikan kesempatan lebih banyak bagi applicant untuk memberikan argumentasi-argumentasinya. Sedangkan tahun lalu dibatasi hanya sampai 2000 karakter saja. Saya tahun lalu sudah menulis satu halaman kemudian saya copy paste sehingga saya bisa berlanjut ke halaman berikutnya, tapi ternyata tidak bisa, belakangan saya tau ternyata “ketidak-bisaan” tersebut karena kata-katanya melebihi 2000 karakter. Jadilah saya harus meringkasnya menjadi tulisan yang padat, lugas, terpercaya (jiahhhhh). Menulis dengan singkat padat dan jelas itu yang menurut saya susah. Susah ketika kita harus mengggambarkan diri bahwa kita layak mendapatkan beasiswa ini hanya dalam 2000 karakter (bukan 2000 kata lo). Alhamdulillah tahun ini jadi bisa 3000 karakter. Melakukan hal seperti bagi saya yang suka berlebai ria dalam menceritakan diri sendiri sangatlah sulit.

Lanjut! Saran saya—seperti yang saya sering baca pengalaman scholarship awardee—adalah “BE PRECISE” jangan bertele-tele. Kalau memang diminta menjelaskan harapan yang akan di dapatkan ketika belajar di Turki sebaiknya langsung dijawab to the point.

Dibawah ini contoh letter of intent saya yang bisa memberikan sedikit gambaran. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya bahwa pertanyaan letter of intent tahun 2012 hanya satu tetapi mencakup tiga hal pertanyaan letter of intent tahun 2013. Contoh dibawah ini sangat jauh dari sempurna, ini hanya sekedar gambaran bagaimana saya menjawab pertanyaan saja.

  • Pertanyaan Pertama: “Please explain your expectations from studying in Türkiye and express your future plans”

 

5. expectation

  • Pertanyaan Kedua: “Please express the reasons for your department/program of study preferences and briefly explain how your educational background relates to your preferences”

 

6.

Pertanyaan ketiga: Please explain the reasons why you choose Türkiye for higher education

Ini yang saya tulis dahulu yang akhirnya harus saya pangkas:

 “Plants need sufficient and good nutricient such NPK in order to produce a good leave, good fruit. It also applicable to human being, in order to give more contribution I should gain more and should be trained more. And I do believe that Turkey is a great place for me to absord such kind of “nutrition” since education in Turkey is well organized and some of the university are world wide recognized universities.

Jangan lupa menulis kesimpulan

  1. 7.
  • D.    LAST BUT NOT LEAST: DOA

Inilah salah satu komponen yang tak boleh dilupakan. Setelah berikhtiar, kita serahkan kepada yang Maha Menentukan. Dan jangan lupa minta jampi jampi doa dari kedua sepasang bidadari itu, sepasang bidadari yang senantiasa mendoakan kita dalam diamnya, doa orang tua.

Wish you the very best luck ever rekans.

“Tembakkanlah busur panahmu ke segala penjuru bumi, salah satu pasti akan kena tepat sasaran”

SEMOGA BERMANFAAT.

 

 

 

37 thoughts on “BEHIND OF D SCENE!!! TURKISH BURSLARI ONLINE APLICATION

  1. assalamu’alaikum.. salam kenal,, mau nanya ni.. u persyaratan nilai toefl ke ankara univ gmn ya. ?, n susah gk ya buat nembus beasiswa ini?. mksi sebelum nya,,

      • Dalam wawancara dilakukan dalam bahasa inggris atau bhs Turki sis,tolong dong kasih bocorannya,kebetulan ada panggilan nih,apabila Anda sempet kasih kabar lewat email jg sis,terima kasih atas infonya

  2. pndaftaran buat diploma atau s1 blum di tutup kan mbak? yg ditutup itu yg s 2 sma s3 kan?
    mbak, isi form appynya dimana ya? saya coba buka apply now diwebsitenya, pas mau create an account yg muncul malah pmberitahuan kalau pndaftaran s2 sma s3 udh ditutup. bingung jdinya mbak, apa pndaftaran buat s1 blum dibuka ya? mohon bantuannya^_^

  3. Terus document2nya kayak transcript nilai itu apa harus bahasa inggris kak apa tetep yg asli itu?-______-‘(radak bingung ini kak)

  4. kak, yg letter of intensnya, gambarnya kecil banget. jdi ga keliatan tulisannya. di gedein lgi aja gmbarnya kak, kaya gambar yg sebelumnya hehe

  5. assalamualaikum, merhaba, benim adIm noor azharul😀
    kak Lale, keren iih.. pengen ke Turki juga. tapi kali ini pnegn yg summer school dulu. susah nggak ya kak itu applynya? pertanyaannya serupa kah sama yg kakak kasih contoh itu?
    tesekkur ederim abla🙂

  6. Asaalamualikjm
    Bismillah.
    MasyaAllah tulisan kak fatma yang sungguh memotivasi saya semakin kuat untuk belajar disana. Mohon maaf kak saya ingin bertanya.ketika saya daftar online itu gagal terus.itu bagaimana ya cara mendaftar beasiswa turki ? Saya juga agak pesimis.karena saya belum begitu bisa bahasa inggris. jadi apakah impian saya akan terwujud ?dengan kekurangan saya dalam bahasa inggris.. mohon masukannya kak.:)

  7. Mba minta bantuannya dong, aku udah buat semua nih dokumen” yg dibutuhkan, aku pengen kirim ke mba trus tolong dicek lg format apa yg salah, gtu. Boleh ga?

    • salam kenal, saya juga mau coba apply beasiswanya. Saya udah buka websitenya tapi nggak ketemu tempat online application d websiteny.. sebenarnya online applicationnya dmn ya ? mohon bantuannya..

      • Hi Mega, bukanya bulan ini, tp blm tw diminggu ke berapa. Yg penting siapin aja dokum” yg dibutuhkan dr skrg, biar ga repot klo udh di buka pendaftarannya.🙂

  8. maaf mau tanya nih, kalo faculty yang mau diambil ada tulisan requirement for department itu berarti kita harus memenuhi itu atau tidak? karna di persyaratan TOEFL dll gak harus ada. makasih

Leave a Reply

