TEBRIKLER_Turkey Welcomes you!

By: Achmad Sofwan

 TOMER Ankara Universitesi-Bursa 2013

What Should I prepare before Flying to my dream land?

TURKEY…

 ***

CONGRATULATION Dear…

2012-10-06 13.28.30

Saya ucapkan selamat berjuang kepada teman-teman yang saat ini sedang mencoba beasiswa Turkiye Burslari 2013. Semoga semua dapat memasuki tahapan ini yaitu hal-hal yang harus dipersiapkan pasca pengumuman kelulusan penerima beasiswa, dan buat yang belum berkesempatan TETAP Semangat, masih ada kesempatan untuk mereka yang terus berjuang dan bersungguh-sunggu. Allah more knows that…

  1. Pasca pengumuman akhir peserta yang memperoleh beasiswa dari pemerintah Turki, YTB akan mengirimkan email yang menginformasikan tentang hal-hal yang harus dilakukan baik sebelum maupun sesudah keberangkatan ke Turki, sebagaimana berikut:
  2. Signing The Scholarship Contract

Pada tahapan ini teman-teman akan diberikan surat kontrak yang harus ditandatangani oleh penerima beasiswa. Adapun untuk mendapatkan surat kontrak tersebut, teman-teman sebelumnya harus sudah menyampaikan berkas terlebih dahulu. Berdasarkan pengalaman tahun lalu ada beberapa teman yang harus pulang untuk mengambil berkas, fotocopy atau print mengingat di sekitar kedutaan besar Turki adalah gedung perkantoran yang cukup sulit untuk menemukan tempat fotocopy atau printing. Sekalipun ada di beberapa tempat agak jauh dan yang pasti lebih mahal. Oleh karena itu, disarankan untuk mempersiapakan berkas-berkas sebagaimana yang telah dipersyaratkan.

Perlu diperhatikan juga, bahwa periode penandatanganan surat kontrak dibatasi oleh waktu. Berdasarkan pengalaman tahun lalu, kami hanya memiliki waktu lebih kurang 15 hari untuk mempersiapkan berkas dan penandatanganan pasca pengumuman kelulusan. Oleh karena itu, disarankan untuk mempersiapkan jauh-jauh hari sebelum pengumuman (dipersiapkan dokumen yang sifatnya general jadi sekalipun belum berjodoh dengan beasiswa tersebut dapat digunakan untuk kepentingan lainnya.

Untuk teman-teman yang tinggal di luar wilayah Jabodetabek sangat disarankan untuk menumpang di rumah atau kos-kosan saudara atau teman mengingat penandatanganan kontrak hanya dilakukan di Jakarta. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mempersiapkan secara matang dokumen atau persyaratan apapun yang harus dilengkapi sebelum berangkat ke Jakarta karena belajar dari pengalaman tahun lalu ada bebearapa teman yang harus bolak-balik ke Jakarta (Maaf tidak bermaksud menyindir…heeee).

  1. Application for Student Visa

Pembuatan visa dilakukan bersamaan dengan pada saat penandatanganan kontrak yaitu di Kedutaan Besar Republik Turki di Jakarta. Pada tahun lalu pembuatan visa tidak dikenakan biaya alias gratis. Alhamdulillah….jadi nggak perlu mengeluarkan uang. Untuk pembuatan visa teman-teman harus memberikan beberapa dokumen berikut:

  • Letter of Invitation yang dikirimkan melalui email. Letter invitation yang disampaikan oleh Turkiye Burslari dalam dua bahasa yaitu Bahasa Turki dan Inggris. Pada Letter of Invitation akan tertulis Universitas dan Jurusan yang ditentukan oleh YTB berdasarkan pilihan yang dilakukan oleh teman-teman pada saat pengisian aplikasi online. Oleh karena itu, pada saat pengisian aplikasi dapat mempertimbangkan terlebih dahulu tentang Universitas dan jurusan yang akan dipilih. Berikut ini contah Invitation Letter yang saya peroleh dari Turkiye Burslari.
  • Valid and Long Term passport (original)

Perlu diketahui oleh teman-teman bahwa untuk membuat pasport  membutuhkan waktu lebih kurang 2 minggu. Oleh karena itu harus disiasati dengan sangat cerdas. Mungkin untuk teman yang belum bekerja tidak masalah karena kapan pun bisa dilakukan. Namun beda halnya untuk mereka yang sudah bekerja harus beberapa kali meminta izin kepada atasan (pengalaman pribadi).

  • Visa Fees

Pada tahun 2012 seluruh penerima beasiswa dari YTB tidak dikenakan biaya dalam pembuatan visa. Oleh karena itu untuk hal ini insya allah tidak masalah.

  1. Document Approval

Pada saat penandatanganan kontrak teman-teman akan diminta untuk membawa dokumen yang akan dilegalisasi (cap dan tandatangan) oleh Kedutaan Besar Republik Turki yang akan digunakan untuk pendafataran ke Universitas oleh Mahasiswa dan sebagian lagi akan digunakan oleh Keduataan Besar Turki. Adapun dokument tersebut, meliputi:

  • Invitation Letter (Print-out of this e-mail)

Sebagaimana seperti penjelasan di atas.

  • Passport or identity document (original and photocopy)

Umumnya yang digunakan adalah passport dan fotocopy pasport. Perlu diinformasikan bahwa beberapa Universitas meminta dilakukannya translasi pasport ke bahasa Turki untuk kemudian dilegalisasi oleh pihak Keduataan Besar Turki. Oleh karena itu, untuk jaga-jaga teman-teman juga bisa melakukan translate pasport dan dokumen lainnya ke Bahasa Turki untuk kemudian dilegalisasi si Keduataan Besar Turki. Sebagai informasi tambahan, untuk melakukan translate dan legalisasi di Turki sangatmahal. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan translate di Indonesia

  • Undergraduate-/Graduate/PhD diploma (original andTurkish translation)

Yaitu Ijasah asli (dari kampus) dan ijasah yang telah ditranslate ke bahasa Turki

  • Transcript (original and Turkish translation)

Yaitu transkip nilai asli (dari kampus) dan transkip nilai yang telah di translate ke Bahasa Turki

  • Health report (taken from an official health institution in the last three months, original and Turkish translation)

Merupakan surat keterangan sehat yang dikeluarkan oleh institusi resmi. Berdasarkan pengalaman tahun lalu, para penerima beasiswa secara umum melakukan General Check Up (umumnya sudah paketan di rumah sakit). Rumah sakit umumnya menyediakan beberapa paket untuk medical check up sesuai dengan kebutuhan. Sangat disarankan kepada teman-teman untuk menggunakan jasa rumah sakit milik pemerintah karena harganya yang jauh lebih terjangkau. Jangan lupa untuk meminta surat keterangan sehat/dokter yang menyatakan kita sehat dan dapat menempuh pendidikan di Turki. Kemudian surat keterangan dokter tersebut harus diterjemahkan ke Bahasa Turki dan dilegalisasi oleh Kedutaan Besar Turki.

  • ALES certificate (taken in the last 3 years / if you have completed your undergraduate or graduate education in Turkey).

Sesuai dengan penjelasan di atas, ALES certificate hanya diperuntukan bagi mereka yang lulus dari institusi pendidikan di Turki. Jadi tidak dipermasalahkan jika tidak ada.

  • GRE, GMAT etc. certificates if demanded by your university (get in contact to your university for graduate certificates).

Berdasarkan pengalaman tahun lalu ada teman-teman yang menyertakan GRE atau GMAT dan ada yang tidak. Hal tersebut karena disesuaikan dengan Universitas masing-masing. Berdasarkan informasi yang saya peroleh ada 2 Universitas yang mewajibkan adanya score nilai tersebut yaitu METU dan Bogaz University. Saya merupakan salah seorang yang tidak menyerahkan dokumen tersebut (sebenarnya karena waktunya mepet dan nggak sempat…heee). Jujur saya sampai hari ini belum tahu dengan apa yang dimaksud GRE or GMAT atau bentuknya seperti apa. (Maklum belum pernah tes begituan hanya tahu psikotes aja).

  • Turkish Proficiency Certificate (if you have)

Merupakan sertifikat terkait dengan kemampuan bahasa Turki (sejenis Toefl Bahasa Turki). Sertifikat ini sebenarnya tidak terlalu mendesak karena teman-teman akan mengikuti Kursus Bahasa Turki (TOMER) selama satu tahun. Namun ada keuntungannya jika teman-teman sudah belajar bahasa Turki terlebih dahulu karena pastinya akan jauh lebih mudah mengikuti pelajaran dan jika memungkinkan dapat lulus lebih cepat karena mampu melalui tahapan-tahapan kursus bahasa Turki. Berdasarkan pengalaman selama saya mengikuti kelas, banyak teman-teman dari Negara-negara lain yang sebelum berangkat ke Turki sudah belajar bahasa Turki (meskipun ada beberapa negara yang bahasanya mirip dengan bahasa Turki) sehingga mereka mampu mendominasi kelas.

  • Foreign language proficiency certificates if you have (If the language of instruction in the university you will be studying at is English, German or French you must submit the language certificate accepted by your university to be exempted from preparation course. For foreign language proficiency certificate, please get in contact with your university.

Certificate ini menjadi sangat penting jika bahasa pengantar di Universitas teman-teman nantinya adalah selain bahasa Turki sebagaimana disebutkan di atas. Oleh karena itu, bagi teman-teman yang menginginkan kuliah dengan bahasa pengatar bahasa Inggris dapat mempersiapkan Nilai Toefl atau IELTS mengingat tes International baik Toefl maupun IELTS jauh lebih mahal dibandingkan dengan di Indonesia.

Terkait dengan penerjemahan dokumen di Indonesia, pada tahun lalu mayoritas dari kami menggunakan jasa Pak Diaz email: (Diaz Alexander Hasibuan Diaz.Hasibuan@kordsaglobal.com) karena pada saat itu hanyalah Pak Diaz yang kami ketahui karena diberikan informasi dari pihak Keduataan. Namun demikian tidak menutup kemungkinan jika teman memiliki informasi lain terkait dengan penterjemahan. Sejauh yang saya dengar ada beberapa sekolah Turki di Indonesia yang memberikan jasa penterjemahan yang berpusat di Depok sehingga memungkinkan teman-teman untuk menterjemahkan di Depok.

  1. Turkish Preparation Education and Exemption Test

Istilah lainnya adalah kursus bahasa Turki (TOMER). Kursus bahasa Turki merupakan bagian dari beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Turki selama satu tahun yang terbagi menjadi 3 level dengan masing-masing selama 4 bulan yaitu Temel (Basic), Orta (Intermediate) and Yuksek (Advaneced). Adapun jika teman-teman sudah menguasai bahasa Turki dapat mengikuti Tes Bahasa Turki yang diadakan oleh Ankara Universitesi.

Apabila teman-teman mampu lulus maka bisa langsung mengikuti kegiatan perkuliahan sehingga dapat menghemat waktu satu tahun (bisa lulus lebih cepat 1 tahun dibandingkan teman yang mengikuti kursus Tomer). Berhubung saya belum pernah tahu tentang bahasa Turki saya lebih memilih untuk mengikuti kursus bahasa Turki tersebut itung-itung menambah kemampuan soft skill kita. Namun ada baiknya lagi jika teman-teman bisa belajar bahasa Turki terlebih dahulu sebagai bentuk warming up agar tidak terkejut….heeee tidak bermaksud menakuti. Intinya adalah untuk mengakselerasi kompetensi kita sebelum terjun ke lapangan.

1. Setelah teman-teman menandatangani kontrak beasiswa tersebut maka persiapkan diri kita untuk keberangkatan ke Turki. Pasca penandatanganan kontrak, YTB akan selalu mengirimkan email terkait dengan langkah-langkah apa saja yang harus kita lakukan setelah penandatanganan kontrak. Oleh karena itu, sangat dianjurkan teman-teman melihat email setiap harinya sebelum tidur karena informasi yang diberikan terkadang membutuhkan langkah cepat. Klo teman-teman beasiswa 2012 senantiasa melakukan koordinasi antar sesama penerima beasiswa jadi bisa saling mengingatkansatu dengan lainnya. Adapun beberapa hal yang harus dipersiapkan, yaitu:

  1. Tiket Pesawat

Biaya keberangkatan dari Indonesia ke Turki ditanggung oleh YTB. Mereka akan memberikan konfirmasi via email terkait keberangkatan. Teman-teman akan diminta untuk melakukan konfirmasi atas tiket yang diberikan. Berdasarkan pengalaman tahun lalu, YTB akan mengirimkan email sebagaimana di bawah ini:

Dear  Achmad Sofwan Sofwan,

Your flight reservation for Turkiye Scholarships is mentioned below:

Date of Flight(month/day/year):10/6/2012

Airline Company: Turkish Airlines

Place of Flight:CAKARTA

PNR Code for Flight:RK7D46

If you accept this reservation please reply this email in 3 days. When you accept, your electronic ticket will be sent to your email address.

You can get your flight ticket from the airline company mentioned above.

Please inform your situation (I accept this reservation/ I already have a ticket/ I am already in Turkey) to ticket@turkiyeburslari.gov.tr 

 If the place of flight or date of flight is not suitable for you, you need to come to Turkey on your own. Your expenses will be covered if you hand in your transportation receipts after your arrival.

 Have a nice flight!

Berdasarkan email tersebut kita hanya memiliki 2 opsi terkait dengan keberangkatan ke Turki yaitu menggunakan tiket yang sudah dipesan oleh YTB atau membeli tiket sendiri untuk kemudian akan di reimbursed oleh pihak YTB. Tahun lalu mayoritas pelajar menggunakan tiket yang sudah dipesan oleh YTB dengan konsekuensi kita harus berangkat sesuai dengan waktu yang ditetapkan oleh YTB. Oleh karena itu, bagi teman-teman yang terikat dengan pekerjaan lain harap di manage sebaik mungkin sehingga jauh-jauh hari kita sudah siap apabila diminta berangkat ke Turki dalam waktu dekat. Adapun tiket yang dikirimkan dalam bentuk e-Ticket dengan Maskapai Penerbangan Turkish Airlines. Sebagai informasi aja Turkish Airline pada tahun 2012 menjadi maskapai penerbangan terbaik di Eropa. Jadi selamat menikmati perjalanan bersama Maskapai Penerbangan Terbaik Eropa (Heeee….maaf tidak bermaksud promosi).

  1. Barang Bawaan

Setiap maskapai penerbangan memiliki kebijakan masing-masing terkait dengan muatan barang baik di bagasi maupun di kabin. Oleh karena itu, sangat dianjurkan membuat skala prioritas barang yang akan dibawa ke Turki. Sebagai contoh Turkish Airlines hanya memberikan muatan maksimum 8 Kg di Kabin dan 23 Kg di Bagasi. Dengan gambaran tersebut diharapkan teman-teman dapat melakukan pengaturan atas barang yang di bawa. Berikut ini tips untuk barang bawaan dan packing:

  • Barang Bawaan
  1. Seluruh file yang terkait dengan perkuliahan, passport, ijazah, transkip nilai. Disarankan untuk memfotokopi sebanyak-banyaknya serta jangan lupa untuk menyimpan dalam bentuk softcopy. Selain itu, siapkan juga pas foto (resmi baik ukuran 3×4 maupun 4×6) sebanyak-banyaknya karena foto dan cetak foto di Turki terhitung mahal.
  2. Barang-barang yang urgent antara lain, obat-obatan pribadi (obat flu, batu, sakit kepala, minyak kayu putih, balsam, P3K dan obat-obatan lainnya sesuai dengan kebutuhan), pakaian musim dingin terutama jaket mengingat harga di Indonesia jauh lebih terjangkau.
  3. Pada masa adaptasi disarankan untuk membawa perlengkapan mandi dari Indonesia (mis: sabun, sampo, pasta dan sikat gigi, pembersih wajah, dll). Sebagai informasi sikat gigi di Turki secara umum bulu sikatnya agak keras adapun yang lembut harganya jauh lebih mahal.
  4. Makanan & minuman instan seperti energen, mie (di beberapa wilayah di Turki sudah terdapat Indomie namun dengan rasa yang berbeda dengan di Indonesia), wedang jahe, STMJ, bubur instan. Makanan dan minuman instan ini dikonsumsi pada masa adaptasi mengingat makanan di Turki jauh berbeda dengan makanan di Indonesia. Makanan di Turki seperti roti, selai, keju, yogurt, madu dan makanan lainnya yang umumnya berminyak. Oh iya masyarakat Turki umumnya tidak menyukai rasa pedas sehingga sulit untuk menemukan saos sambal (adanya saos tomat) dan kecap. Saos sambal dan kecap seperti emas bagi pelajar Indonesia di Turki.
  5. Uang cash dalam bentuk US Dolar ataupun Euro seperlunya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sampai dengan beasiswa cair. Uang tersebut sebagian kecil dapat ditukarkan di bandara sedangkan lainnya dapat ditukarkan di Money Changer di luar bandara (nilai tukar di Bandara jauh lebih rendah dibandingkan tempat lainnya). Berdasarkan pengalaman tahun lalu saya menghabiskan uang sekitar $300 sampai dengan keluarnya beasiswa. Uang tersebut digunakan untuk pendaftaran Ikamet (legal permission), transportasi, administrasi dan biaya tak terduga lainnya. Selain uang cash juga disarankan untk membawa ATM dari Indonesia (jaga-jaga jika ada kebutuhan mendesak).
  6. E-ticket yang diperoleh dari YTB dapat di-print untuk jaga-jaga apabila ada kesalahan system. Jangan lupa perhatikan waktu keberangkatan agar tidak terlambat. Mengingat apabila terjadi keterlambatan akan merepotkan diri kita sendiri karena belum tentu peroleh tiket kembali dari YTB.
  7. Tidak kalah pentingnya untuk mengusir kegalauan di saat-saat pertama tiba di negeri orang, teman-teman dapat membawa film, buku, e-book, games ataupun lainnya. Karena pengalaman sebelumnya, pada masa awal muncul rasa galau dan homesick. Namun itu semua kembali ke diri kita masing-masing.
  8. Hal yang harus dibawa terakhir adalah doa dan ridho terutama dari kedua orangtua sehingga dipermudah selama menempuh pendidikan di Turki. Selain itu juga keluarga, sahabat dan handai taulan sehingga kepergian kita senantiasa didampingi doa dan restu dari mereka.
  • Packing
  1. Pisahkan antara barang yang akan dimasukkan ke bagasi dan cabin
  2. Siapkan koper yang sesuai untuk memasukkan barang-barang ke bagasi
  3. Sebaiknya cairan (minyak kayu putih, sampo, saos, kecap, parfum) dan obat-obatan masuk ke koper bagasi namun harus disusun sedemikian rupa untuk menghindari rusaknya barang-barang terserbut
  4. Agar koper terisi maksima, lipat pakaian dan barang bahan lainnya kecil-kecil
  5. Barang yang dimasukkan ke dalam cabin misalnya laptop (jika diletakkan di bagasi kemungkinan rusak lebih besar), buku dan sebagainya (yang penting optimal dan tidak melebihi kapasitas yang ditentukan).
  6. Timbang baik koper dan tas lainnya, jangan sampai melebihi kapasitas yang telah ditentukan karena aka nada biaya tambahan. Namun demikian, berdasarkan pengalaman sebelumnya kita dapat melakukan negosiasi dengan pihak maskapai penerbangan dengan menghubungi CP di Jakarta:TURKISH AIRLINES, Prudential Tower 19th floor, Jl. Jenderal Sudirman Kav. 79, Jakarta 12910, Phone : +6221–57957666, Fax: +6221 – 57957667. Setelah dikabulkan kita akan memperoleh email konfirmasi seperti berikut ini:                                                                                                                                                                                                                                               Setelah sampai di Turki langkah apa yang harus kita lakukan? Berikut ini uraiannya:
  1. Berkoordinasi dengan pelajar Indonesia di Turki

Setelah teman-teman memperoleh kepastian terkait keberangkatan ke Turki, sangat disarankan teman-teman untuk berkoordinasi dengan pelajar Indonesia yang ada di Turki [baik teman2 di LKS MIT, PPI maupun keluarga dan kenalan yang sudah di percaya] terkait dengan tanggal dan waktu keberangkatan serta Maskapai Penerbangan yang digunakan.

Teman-teman LKS MIT, PPI dengan sukarela menjemput teman-teman di bandara. Jangan lupa pula untuk meminta CP (Contact Person) sehingga pada saat tiba bisa berkomunikasi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Oh iya, setiba di bandara ada kemungkinan HP teman-teman tidak bisa digunakan karena operatornya berbeda. Untuk menyikapi hal tersebut teman-teman bisa meminta bantuan ke pihak YTB yang standby di bandara untuk menghubungi mereka (jika perlu karena umumnya teman-teman MIT maupun PPI Turki sudah standby di bandara di dekat pintu ke luar).

Teman-teman jangan sungkan untuk meminta bantuan  keluarga besar LKS MIT mau pun PPI dalam mengurus hal terkait akademis ataupun hal lainnya (sebagaimana tertulis di bawah). Mengingat teman-teman akan kesulitan berkomunikasi dengan masyarakat Turki yang sebagian besar tidak paham dengan bahasa Inggris.

  1. Registrasi di Stand YTB

Setelah teman-teman tiba di bandara, teman-teman dapat langsung pergi ke stand YTB yang ada di bandara. Teman-teman dapat melakukan lapor diri dan disana akan diberikan informasi terkait dengan asrama dan lokasi Tomer. Namun demikian, setelah lapor diri jangan langsung pergi bersama petugas YTB (umumnya petugas YTB akan langsung mengantarkan teman-teman ke tempat lokasi bagi yang di Istanbul dan terminal bagi yang di luar Istanbul). Teman-teman disarankan untuk bertemu dengan PPI Turki untuk memperoleh pengarahan mengingat Turki berbeda dengan Indonesia.Perlu diketahui banyak orang di Turki tidak bisa bahasa Inggris sehingga sangat sulit berkomunikasi.Oleh karena itu sangat disarankan untuk bertemu dengan PPI Turki.

  1. Pendaftaran Asrama

Setibanya di Turki teman-teman bisa menumpang di rumah, apartemen atau asrama pelajar Indonesia untuk istirahat sementara waktu sebelum memperoleh asrama. Pada saat pendaftaran asrama teman-teman bisa mengajak pelajar Indonesia yang sudah paham bahasa Turki untuk mempermudah komunikasi sehingga proses registrasi dapat dilakukan dengan cepat. Adapun lokasi asrama sebelumnya akan diinformasikan via email oleh YTB dan diverifikasi kembali saat di stand YTB di Bandara. Adapun email konfirmasi seperti berikut:

Terkait dengan penjelasan asrama telah disampaikan sebelumnya oleh Mas Adi Surya.

  1. Pendaftaran Tomer

Setelah memperoleh asrama, teman-teman bisa melakukan pendaftaran kursus bahasa Turki di tempat yang telah ditentukan oleh pihak YTB (seperti di poin c).Pada saat pendaftaran, teman-teman bisa meminta pendampingan dari pelajar Indonesia yang paham bahasa Turki.Jangan lupa untuk membawa berkas-berkas yang telah disiapkan seperti Invitation Letter, passport, pas foto dan dokumen lainnya serta uang TLR 20 (2012) untuk membeli buku selama satu tingkatan.

 1.    Pendaftaran Ikamet (Legal Permission)

Ikamet merupakan dokumen yang berfungsi seperti izin tinggal yang akan menggantikan fungsi visa (karena visa hanya berlaku 1 tahun). Dalam pengurusan Ikamet tiap wilayah berbeda-beda ada yang cepat ada yang lama ada yang via online terlebih dahulu ada yang langsung. Adapun untuk pendaftaran Ikamet ada beberapa dokumen yang harus kita siapkan yaitu passport dan fotocopy, ogrenci belgesi (surat keterangan dari Tomer), pas foto, surat pernyataan dalam bahasa Turki (tergantung wilayah-minta bantuan teman yang sudah bisa bahasa Turki atau bantuan petugas) dan uang sebesar TLR 172. Setelah selesai teman-teman akan memperoleh surat sebagai bukti pembayaran yang juga bisa digunakan sebagai Ikamet sementara mengingat proses pembuatan memakan waktu yang bervariasi.

  1. Pendaftaran No Pajak

Setelah memperoleh Ikamet, teman-teman disarankan untuk segera melakukan registrasi ke Kantor Pajak setempat untuk memperoleh No pajak yang digunakan untuk mendaftarkan Hp sehingga dapat segera diaktifkan dan digunakan untuk berkomunikasi.Pendaftaran pajak hanya memerlukan Ikamet dan passport.

  1. Pendaftaran No IMEI HP

Turki memiliki kebijakan khusus terkait dengan alat komunikasi.Teman-teman yang membawa alat komunikasi dari luar Turki harus mendaftarkan No IMEI (ada di dekat baterai Hp) maksimal 30 hari sejak kedatangan. Jika tidak Hp secara otomatis akan terblokir dan tidak dapat digunakan di Turki. Oleh karena itu, teman-teman memiliki dua pilihan terkait alat komunikasi yaitu membeli di Turki (harga Hp di Turki jauh lebih mahal) atau membawa dari Indonesia untuk kemudian didaftarkan ke kantor pajak.

Adapun untuk biaya pendaftaran Hp sebesar TLR 110.Setelah itu teman-teman dapat menggunakan operator telekomunikasi yang ada di Turki.Sebagai informasi saja ada 3 operator telekomunikasi di Turki yaitu Avea, Vodafone dan Turkcel. Namun demikian, ada beberapa teman yang langsung membeli pulsa dari salah satu operator tersebut tanpa mendaftar ke kantor pajak tetapi hanya aktif maksimal selama 3 bulan, sehingga selam kurun waktu tersebut harus mendaftarkan ke kantor pajak. Apabila hal tersebut tidak dilakukan, hp akan nonaktif dan tidak bisa digunakan kembali.

  1. Pendaftaran fasilitas publik

Untuk memperoleh kemudahan fasilitas public terutama transportasi teman-teman harus melakukan registrasi di tempat yang telah disediakan (tergantung wilayah). Dengan fasilitas ini, kita akan memperoleh discount (di beberapa wilayah gratis) untuk menggunakan transportasi umum, seperti otobus, tramvay, metro, train atau kapal milik pemerintah. Adapun untuk registrasi memerlukan dokumen yaitu Ogrenci Belgesi (Tomer), passport dan pas foto. Kemudian teman-teman akan memperoleh kartu yang bisa digunakan untuk mengakses transportasi public tersebut.

  1. Pendafataran ke Universitas yang telah ditetapkan

Pendaftaran Universitas umumnya dilakukan setelah seluruh urusan di atas selesai karena bagi mereka yang lokasi Tomer dan Universitasnya berbeda cukup menyulitkan karena harus bolak-balik dan yang pasti memakan biaya.Untuk pendaftaran ke Universitas teman-teman harus mempersiapkan seluruh dokumen asli dan yang telah diterjemahkan serta dilegalisasi oleh pihak berwenang (Kedutaan Besar Turki) yaitu Ijazah, transkip nilai, passport, invitation letter, Ikamet dan pas foto. Setelah melakukan registrasi Universitas, teman-teman akan memperoleh Ogrenci Belgesi (dari Universitas) yang digunakan untuk registrasi ulang setelah Tomer selesai, pendaftaran asuransi kesehatan dan fasilitas public di wilayah Universitas.

  1. Pendaftaran Asuransi Kesehatan

Pendafataran asuransi kesehatan dapat dilakukan setelah teman-teman memperoleh Ogrenci Belgesi dari Universitas. Dengan asuransi kesehatan ini teman-teman dapat ke rumah sakit pemerintah (insya allah kita sehat selalu ya….) secara gratis atau rumah sakit swasta dengan discount. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk segera mengurusnya untuk mencegah hal yang tidak diinginkan mengingat secara iklim Turki sangat berbeda dengan Indonesia sehingga semua kemungkinan bisa terjadi.

1. Setelah dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar, teman-teman sangat diharapkan untuk tetap aktif dalam organisasi baik sesama pelajar Indonesia (PPI) maupun organisasi disekitar dalam rangka membawa nama baik Indonesia dan Islam. Ada banyak organisasi yang dapat kita ikuti di Turki, selama hal tersebut bernilai positif kenapa enggak kita ikuti??? Heee…karena akan menambah ilmu dan relasi kita.

Demikian saja teman-teman yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Insya allah untuk selanjutnya bisa ditanyakan kepada kami melalui forum ini. Semoga sukses teman-teman. Jangan lupa senantiasa berdoa kepada Allah SWT dan memohon doa restu dari kedua orang tua…insya allah jalan kita akan dimudahkan. Sampai bertemu di Turki ya temaaaan…Negeri dua benua, Negeri dengan sejarah Turki Utsmani, Negeri dengan Istanbul-nya (Konstantinopel).Semoga Allah SWT memberikan yang terbaik untuk kita semua….Amiin ya rabbal ‘alamiin.

Salam dari Bursa (Ibu Kota Pertama Kekhalifahan Turki Utsmani)

Achmad Sofwan

2 thoughts on “TEBRIKLER_Turkey Welcomes you!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s