SEKILAS SYARAT BEASISWA TURKI

Foto: Tulip depan Rektorat Istanbul University, courtesy: facebook page Istanbul University

Foto: Tulip depan Rektorat Istanbul University, courtesy: facebook page Istanbul University

Lale Fatma Yulia Ningsih
Istanbul University-English Language and Literature
@lalelombok/lalefatma.yn@gmail.com

“Insanity: doing the same thing over and over again and expecting different results. [Terjemahan bebas: “Salah satu jenis penyakit jiwa adalah melakukan hal yang sama terus menerus dan mengharapkan hasil yang berbeda”] – Albert Einstein

“And, when you want something, all the universe conspires in helping you to achieve it.” [Terjemahan bebas: “Dan ketika kamu benar-benar mengharapakan sesuatu, seluruh semesta alam akan berkonspirasi untuk membantumu mewujudkan keinginan tersebut”] – Paulo Coelho, The Alchemist.

Saya membuka tulisan ini dengan dua buah kalimat dari seorang ilmuan ternama sepanjang sejarah dan dari seorang penulis fenomenal. Dan ketika teman-teman membaca judul tulisan ini dan tergerak untuk membacanya lebih jauh, saya meyakini bahwa kita tidak termasuk manusia tipe pertama yang disebut oleh Einstein—aamiin—dan termasuk ke dalam manusia tipe kedua yang disebut Om Paulo Coelho: manusia yang benar-benar memperjuangkan impian yang selama ini terpendam didalam dada.

Setelah dua buah quotes tadi, saya berlanjut ke tahap selanjutnya yakni “Kenapa harus Turki?”. Saya ingin menulis kalimat dari teman saya beberapa hari yang lalu bahwa: Turki bukanlah sebaik apa yang anda pikirkan, tidak pula seburuk apa yang anda pikirkan.

Hal terpenting adalah apa yang disebut dengan “Memfirasati Takdir” seperti apa yang telah saya lakukan dua tahun yang lalu ketika saya tidak tau dimana negara Turki dan bahkan saya tidak pernah tau negara yang bernama “Turki” itu ada. Memfirasati takdir bahwa siapa tau usaha yang telah kita tempuh sama dengan apa yang telah tertulis di Lauh Mahfuz. Mengutip lagi tentang “Sebarkanlah anak panahmu ke seluruh penjuru bumi, salah satunya pasti akan kena tepat sasaran”

Stop! Saya ngelantur kemana-mana jadinya. Baiklah sekarang saya membahas tentang syarat-syarat apa saja untuk mendaftar beasiswa Turki. Dari pendaftaran beasiswa di tahun 2012 dan 2013 tidaklah banyak perubahan akan syarat-syarat beasiswa Turki:

1. Persyaratan Aplikasi

Pelamar telah wisuda/lulus atau akan wisuda/lulus (tinggal menunggu wisuda dan bisa melamar menggunakan Surat Keterangan Lulus Sementara).
Beasiswa Turki juga mensyaratkan umur yang nanti akan dijelaskan di website resmi seperti pada tahun 2013 “Candidates who wish to apply for the post-graduate programs should be born not earlier than 01.01.1983, and for the Doctoral Program not earlier than 01.01.1978”

2. Beasiswanya mencakupi

  • Uang saku bulanan
  • SPP Universitas
  • Asuransi Kesehatan
  • Asrama
  • Kursus Bahasa Turki
  • Tiket PP negara asal – Turki (saat pertama kali ke Turki dan di akhir masa studi)

[Jadi sebenarnya udah enak banget, asrama dan sekolah udah dibayarin, uang bulanan ada, asuransi kesehatan juga ada]

3. Prosedur Aplikasi

Aplikasi akan dibuka di website resmi beasiswa Turki pada Maret 2014 untuk S2 dan S3 linknya: http://www.turkiyeburslari.gov.tr/index.php/en/
Sedangkan untuk S1 akan dibuka pada April. Aplikasi akan dilaksanan secara online, oleh sebab itu dokumen-dokumen yang menjadi syarat sebaiknya di scan terlebih dahulu. Untuk dapat mengakses aplikasi online beasiswa Turki, teman-teman terlebih dahulu membuat akun di link yang telah disediakan nantinya.

4. Syarat Dokumen

  • Ijazah SMA (bagi pelemar S1), Ijazah S1 (bagi pelamar S2), ijazah S1 dan S2 (bagi pelamar S2 dan S3)
  • Transkrip Nilai
  • KTP/Akta Lahir/Passport
  • Exam Result Document (Saya dulu pakai Nilai UAN SMA)
  • Hasil Tes Kemampuan Bahasa Asing (optional/kalau ada)
  • Surat Rekomendasi (optional/kalau ada)
  • Pengalama Kerja (optional/kalau ada)
  • Pengalaman Magang (optional/kalau ada)

Dah, segitu aja dulu. Nanti untuk tips dan tricks menyusul ya, berhubung disini udah tengah malam. Pantengin terus dah, minggu-minggu ini kami akan terus update informasi. In sha Allah. Last but not least:

“Sebarkanlah anak panahmu ke seluruh penjuru bumi, salah satunya pasti akan kena tepat sasaran” – Anonim
DAN siapa tau anak panahnya nancep di TURKI seperti saya dan temen-teman lainnya🙂 Sukses selalu.

10 thoughts on “SEKILAS SYARAT BEASISWA TURKI

  1. mau tanya mba saya ini lulusan dari diploma IV apa univertas di turki bisa nerima lulusan diploma IV, trus kalo mau cros major bisa ga? misalkan dari teknik informatika mau ke bisnis?

  2. Kak, mau tanya dong, kalo misalnya nilai UN belom keluar itu gmna? soalnya tahun ini pengumuman UN SMA tgl 20 Mai 2014, sedangkan tutup pendaftaran YTB nya tgl 19 Mai 2014 ? Itu gmna kak,
    Mohon bantuannya ya ka,,:D

  3. Kalo ngepply beasiswanya pas belom tamat gimana??
    Kan pembukaan ny Maret atau april sedangkan UN ny di bulan april
    Syukron
    Mobon kejelasannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s