Qori Fitrah, Konya

Allah itu Perencana Terbaik

Oleh: Qori Fitrah Ananda

Mahasiswa S1, Konya

 Masih ada yang gak percaya kalo hidup kita di dunia ini sudah direncanakan oleh Allah SWT? Mari, saya bagi sedikit pengalaman hidup saya.

images3 tahun yang lalu semuanya berawal Lulus dari SMP, tentunya saya melanjutkan kejenjang SMA. Di saat saya sudah memiliki SMA yang saya inginkan, datanglah tawaran yang lain. Biar saya perjelas kembali. Dulu saya bersekolah di SMP Nasional KPS Balik Papan. Salah satu sekolah swasta terbaik, bias dibilang di Kalimantan Timur. Masuk kekelas akselerasi di SMA terbaik merupakan cita-cita saya. Demi mewujudkannya, saya mengikuti tes masuk SMA Negri 1 Balik Papan dan Alhamdulillah saya diterima walaupun mungkin dengan nilai yang pas-pasan.

Setelah masuk SMA yang saya idam-idamkan ini, datanglah surat dari pihak sekolah untuk mengikuti tes masuk sekolah-sekolah PASIAD dengan beasiswa dari pemerintah Kalimantan Timur. Sejujurnya, saya sudah tidak ingin ikut tes manapun. Tapi, karena ini surat dari sekolah, dan saya menghormati sekolah saya, saya pergi ke SMP Negri 1 Balikpapan untuk mengikuti tes. Banyak sekali pesertanya. Satu sekolah itu penuh oleh para peserta. Dan pasti, mereka adalah orang-orang yang menginginkan untuk masuk kesekolah-sekolah itu. Saat tes, saya mengerjakan seperti biasa, tanpa ada hasrat untuk masuk sedikit pun.

Beberapa minggu kemudian, hasil keluar tanpa sepengetahuan saya. Teman saya, yang juga mengikuti tes, mengirimkan SMS selamat kepada saya. Awalnya saya tidak mengerti dan bingung. Beberapa jam kemudian, pihak sekolah menelpon kerumah dan memanggil saya untuk dating kesekolah. Saya pergi kesekolah bersama orang tua saya dan ternyata memang benar, saya diterima. Dan anehnya, dari bebeberapa orang perwakilan dari sekolah saya, hanya saya seorang yang diterima. Setelah lama memikirkan keanehan ini, saya mengubah pikiran saya dan bersyukur.

Sekarang saya memiliki 2 pilihan. Menetap di Balikpapan, atau pergi ke Bandung. Sempat terjadi perang batin yang luar biasa di dalam diri saya. Setelah solat istikharah berkali-kali dan mempertimbangkan berbagai hal, akhirnya saya memilih Bandung untuk menjadi tempat saya belajar. Siapa yang tau, setelah saya memilih bandung, saya menjadi pribadi yang lebih baik, mendapatkan pengalaman lebih, bertemu dengan berbagai macam orang, melihat kehidupan dari sisi yang lain, dan yang paling penting, siapa yang tau ternyata saya bias melanjutkan kuliah di Turki?

Itulah hidup. Semua yang kamu rencanakan, belum tentu itu yang terbaik buat kamu. Allah telah merencanakan semua yang terbaik buat kita. Dan kita harus percaya pada rencana yang telah Dia rencanakan, bahwa rencana Dia adalah yang terbaik. Jadi, siapa yang masih belum percaya kalau hidup kita di dunia sudah direncanakan oleh Sang MahaKuasa? J

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s