Kesehatan

KESEHATAN : Yang akan membahas dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang kesehatan berikut solusinya. Diasuh oleh dr. Sri harnowo, Sp KFR, saat ini beliau bertugas di RSUD dr. Soekandar Mojokerto Jatim sebagai dokter spesialis bidang Kedokeran Fisik dan Rehabilitasi.

 

Saat Cuaca Dingin Suka Mimisan

PERTANYAAN :

Assalamualykum w.w

Dokter, saya saat ini sedang mengambil studi di Turki, dimana disini kondisi cuacanya sangat berbeda dengan di Indonesia. Saat musim dingin suhu bisa mencapai dibawah 0 derajat Celcius. Nah pada saat itu hidung saya sering mengeluarkan darah (mimisan) bagaimana solusinya dok?

Terimakasih jawabanya…

Adi, Turki

JAWABAN :

Walaykumsalam w.w

Efek suhu dingin pada pembuluh darah akan terjadi konstraksi sehingga diameternya menyempit tapi jika lebih dari 30 menit (seperti cuaca/musim dingin) justru terjadi rebuond efek sehinga terjadi relaksasi otot pembuluh darah, diameternya melebar berpotensi terjadi peningkatan permeabilitas pembuluh darah (pori-pori) sehingga mudah timbul perdarahan, yang plg beresiko adalah pembuluh darah kulit yang tipis (mukosa) seperti pada saluran hidung akibatnya mudah terjadi mimisan (sifatnya individual tergantung variasi anatomi pembuluh darahnya). Pencegahan bisa memakai masker pada musim dingin terutama di outdoor, hindari kebiasaan memanipulasi hidung (ngupil), jika buang ingus (sisi) perlahan, bila mimisan berlebihan harus dievaluasi lebih detail oleh dokter untuk pengobatan dan pencegahan lanjutan.

Allohu a’lam, semoga bermanfaat.

Oleh: dr. Harnowo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s