Nurul Fitri

Waspada Wanita

English Education, Konya University

Dari “Abdullah bin Umar r.a.: Rasulullah Saw. Bersabda, “wahai kaum perempuan,  bersedekahlah dan perbanyaklah memohon ampunan kepada Allah Swt. Karena aku melihat, pada malam isra’, kebanyakan penghuni neraka adalah jenis kalian.” Seorang perempuan bertanya, apakah sebabnya kebanyakan penghuni nerakadari jenis kami?” beliau menjawab, “karena kalian sering melaknat dan meremehkan apa yang diberikan oleh suami. Aku juga melihat kebanyakan kalian memiliki kekurangan dalam akal dan agama.” Periwayat hadis ini bertanya, “ya Rasulullah, apa yang dimaksud dengan kekurangan akal dan agama?” Beliau menjawab, “kesaksian dua orang perempuan sebanding dengan kesaksian seorang laki-laki. Inilah yang dimaksud dengan kekurangan dalam akal. Selain itu, ketika sedang haid, perempuan tidak shalat dan tidak berpuasa selama beberapa hari. Inilah kekurangan dalam agama.” (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Hadis ini menunjukkan beberapa hal sebagai berikut.

Pertama, tentang seberapa besar kebutuhan perempuan terhadap nasihat dan peringatan, serta seberapa besar perhatian Rasulullah Saw. Terhadap masalah ini.

Kedua, kemampuan akal bisa meningkat dan bisa menurun, sebagaimana halnya keberagamaan dan keimanan. Kekurangan akal dan keberagamaan pada perempuan disebabkan ketidaksempurnaan perannya dalam melaksanakan ajaran-ajaran agama dan menggunakan akal, baik Karen sifat bawaan maupun karena sifat yang diusahakan.

Ketiga, pengingkaran terhadap nikmat yang diberikan suami adalah perbuatan tercela. Hal yang lebih tercela adalah kebiasaan melaknat, mencela, dan berbicara kasar. Bahaya besar yang mengancam kaum perempuan adalah karena sifat-sifat tersebut mendominasi perilaku mereka. Hal ini pula yang menyebabkan kebanyakan mereka diancam dengan akibat buruk dan tempat kembali yang seburuk-buruknya.

Keempat, hadis ini mendorong kaum perempuan agar mengenali cara terpenting dan jalan tercepat untuk menghindarkan diri dari neraka, yaitu dengan banyak bersedekah dan beristighfar.

(sumber: 100 pesan nabi untuk wanita salihah karangan Badwi Mahmud Al-Syaikh)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s