TENTANG

LEMBAGA KAJIAN SOSIAL MASYARAKAT INDONESIA DI TURKI (LKSMIT)

LATAR BELAKANG

Pada belakangan ini populasi masyarakat indonesia yang tinggal di Turki semakin meningkat, baik yang sedang menempuh jalur pendidikan, menunaikan tugas dinas/bekerja atau sudah menetap di Turki. Dengan semakin beragamnya masyarakat Indonesia di Turki maka mereka berhadapan dengan berbagai permasalahan dan problematika dalam kehidupannya sehari-hari. Dari masalah bahasa, makanan, cuaca, izin tinggal, bea siswa, tradisi, kultur dan lain-lainnya.

Dengan timbulnya problematika tersebut, semenjak awal sudah ada sebagian yang memutuskan untuk kembali ke tanah airnya dan sebagian pantang menyerah dalam mengarungi kehidupannya, sehingga harapan, dambaan dan cita-cita setibanya di negeri Turki ini, perlahan-lahan namun pasti dapat diraihnya.

Beranjak dari situasi di atas ada beberapa komponen anak bangsa beserta potensi yang dimilikinya ingin berkontribusi untuk membantu, meringankan dan memberikan solusi terhadap permasalahan masyarakat Indonesia di Turki. Mengingat nilai-nilai kebaikan memerlukan pengorganisasian yang baik, maka dengan landasan ini dibentuklah Lembaga Kajian Sosial Masyarakat Indonesia di Turki.

DEFINISI

Lembaga Kajian Sosial Masyarakat Indonesia di Turki (LKS-MIT) merupakan lembaga sosial bukan organisasi masa dan tidak sama dengan organisasi masa yang sekarang sudah ada. Kami bergerak untuk membantu orang Indonesia khususnya yang ada di Turki dalam bentuk edukasi, kebudayaan, keagamaan, kemitraan, dan kegiatan sosial lainnya.

VISI:

Menyuburkan dan mengembangkan nilai-nilai kebaikan dengan menjalin tali persaudaraan di antara masyarakat Indonesia di Turki

MISI:

  1. Memperluas dan mempererat tali persaudaraan antar masyarakat Indonesia di Turki
  2. Menjadi  MITRA dari setiap organisasi, lembaga, KBRI, wakil pemerintahan dan pemerintahan Turki
  3. Sebagai fasilisator dalam meningkatkan hubungan persahabatan dengan masyarakat Turki maupun penduduk dari negara lain

Kepengurusan dan kontak person LKS Mayarakat Indonesia di Turki bersifat terbuka bagi setiap masyarakat Indonesia ataupun yang berdarah Indonesia. Untuk menjadi pengurus dan kontak personnya  tercantum dalam AD/ART.

Bentuk Kegiatan:

Berdasarkan visi dan misi di atas LKS Mayarakat Indonesia di Turki  akan menggelar program jangkah panjang dan jangkah pendek. Dalam melakukan kegiatannya tidak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dengan berbagai pihak.

Ada program unggulan yang akan digulirkan di antaranya:

  1. Training pengurus  dan Kajian Ilmiah setiap musim (Dingin, Semi, Panas, Gugur). Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang spesifik ilmu tertentu ataupun kajian terhadap issue-issue yang ada, sekaligus sebagai sarana ajang sillaturrahim (pertemuan) di antara masyarakat Indonesia
  2. Penerbitan buku “belajar bahasa Turki” yang bersumber dari masukan para pengurus dan masyarakat indonesia di Turki.
  3. Penyediaan buku: kumpulan tips-tips dalam berinteraksi dengan masyarakat Turki
  4. Publishing artikel dari masyarakat Indonesia yang bersifat membangun
  5. Informasi Base, dengan memberikan informasi terkini, di antaranya:
    • Kabar terkini tentang Indonesia atau Turki
    • Bea Siswa dan study
    • Tempat Berlibur/wisata/travelling
    • Izin tinggal
    • Berita suka dan duka, dll-nya

 STRUKTUR KEPENGURUSAN

Ketua Umum                     : Ari Julianto, SE., M.M., Ak.(Samsun)

Sekretaris Umum                 : Adi Surya, S.P (Izmir)

Bendahara Umum                : Larasmoyo Nugroho , ST, MDes (Ankara)

Bid.Kewanitaan                     : Dewi Wuri (Ankara)

Contact Person (CP)

Istanbul                                : Azimah Zahro Fiddin

Ankara                                  : Muhammad Ihsan R

Izmir                                      : Slamet Parmanto

Kayseri                                  : Eric Habitrisna

Konya                                   : Prahadian Destyo Janitra

Samsun                                 : Yusuf Islamakova

*) Kami membuka seluas-luasnya bagi orang indonesia untuk ikut berpartisipasi dengan kami, baik sebagai Relawan, Contact person di kota yang belum ada cp-nya, usulan program, kerja sama antara lembaga maupun organisasi. Silakan kontak kami ke mit.turki@gmail.com

One thought on “TENTANG

  1. Assalamualaikum
    perkenalkan saya fahmi dari lamongan jawatimur indonesia… bapak, ibu, maz, mbak.. saya mau tanya kira kira beasiswa ke turki kapan dibuka pendaftarannya dan kira – kira apa syarat-syratnya. terima kasih.

Leave a comment